Company Profile Sebagai Selain Media Promosi dan Informasi
Penelitian dilakukan di SMA Institut Indonesia Semarang yang merupakan sekolah swasta nasional yang berada di Jl. Maluku No. 25 Semarang. Penelitian ini mengulas tentang media promosi dan informasi yang ada di SMA Institut Indonesia Semarang. SMA Institut Indonesia Semarang sejauh ini masih menggunakan media penyampaian informasi dan promosi yang sederhana yaitu melalui media cetak dan media elektronik. Media cetak berupa brosur, dan spanduk. Sedangkan media elektronik berupa halaman (page) di jejaring sosial (Facebook). Hal ini membuat SMA Institut Indonesia memiliki keterbatasan dalam penyampaian informasi dan promosi misalnya penyebaran informasi yang tidak bisa dilakukan secara cepat dan jelas. Untuk itu peneliti akan membuat sebuah video company profile sebagai selain media promosi dan informasi yang sesuai dengan perkembangan zaman serta dapat meningkatkan nilai positif bagi SMA Institut Indonesia Semarang, juga dapat menunjang media promosi dan informasi yang telah digunakan sebelumnya. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 30 responden pada masyarakat sekitar yang potensial dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Dari analisis tersebut diperoleh skor tingkat informasi sebesar 485 atau sebesar 50,9 % dan tingkat promosi sebesar 468 atau sebesar 49,1 %. Dari indikator skor yang ada, jika dijumlahkan hasilnya akan menunjukan sampai dimana tingkat kelayakan video sebagai media promosi dan informas SMA Institut Indonesia Semarang. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulan bahwa video profil sebagai media promosi dan informasi SMA Institut Indonesia Semarang dianggap”Layak”. Hal ini berdasarkan perhitungan skala yang menyatakan bahwa jika seluruh nilai dari indikator dijumlahkan menghasilkan total nilai 953 dimana nilai tersebut berada diantara 751 – 975, maka dinyatakan “Layak”. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.
0 komentar:
Posting Komentar